Jelang Idulfitri Bupati Landak Keluarkan Edaran, Ini Isi Edarannya

Jelang Idulfitri Bupati Landak Keluarkan Edaran, Ini Isi Edarannya

Channeltujuh.com, NGABANG – Bupati Landak Karolin Margret Natasa bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak, Muhlis, Ketua Majelis Ulama Indoneaia (MUI) Kabupaten Landak, Pengurus Muhammadiyah Kabupaten Landak, Pengurus Nahdhatul Ulama (NU) Kabupaten Landak dan Dewan Masjid Kabupaten Landak melakukan rapat koordinasi terkait pelaksanaan takbir, sholat Idulfitri dan silahturahmi saat pandemi Covi-19, di rumah dinas Bupati Landak, Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Dalam rapat tersebut Karolin mendengarkan saran dan pendapat dari Kantor Kementerian Agama dan organisasi Islam yang ada di Kabupaten Landak agar dapat memberikan keputusan yang terbaik untuk umat Islam yang akan menjalankan Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah serta memberikan rasa aman untuk masyarakat Kabupaten Landak dari penyebaran Covid-19.

Berdasarkan hasil kesepakatan Bupati Landak mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 400/233/BAG-KESRA/2020 tentang Pelaksanaan Takbir, Sholat Idulfitri dan Silahturahmi Saat Pandemi COVID-19 dengan merujuk kepada Surat Edaran Menteri Agama Nomor : SE.6  Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah dalam upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Landak.

“Berdasarkan data dan fakta bahwa kasus Covid-19 di Kabupaten Landak saat ini sedang pada fase puncak pandemi Covid-19 kita melakukan kebijakan yang terbaik untuk seluruh masyarakat Kabupaten Landak. Kita memahami keinginan masyarakat berkatifitas seperti biasanya, namun kondisi saat ini belum memungkinkan masyarakat melakukan aktifitas diluar rumah. Sehingga kita mengeluarkan Surat Edaran untuk Hari Raya Idulfitri,” terang Karolin, selasa (19/5/20).

Karolin menambahkan agar masyarakat Kabupaten Landak dapat memahami kebijakan yang dikeluarkan pemerintah demi menjaga keamanan masyarakat agar tidak tertular Covid-19.

“Meskipun keputusan yang diambil pemerintah tidak populer dan bahkan menimbulkan pro dan kontra terhadap saya, namun hal tersebut bertujuan untuk melindungi masyarakat Kabupaten Landak dari penularan Covid-19. Itulah tugas pemerintah,” kata Karolin.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak, Muhlis, mendukung kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Kabupaten Landak serta akan membantu mensosialisakan bersama organisasi masyarakat (ormas) Islam terkait Surat Edaran Bupati Landak pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

“Kita bertemu dengan Bupati Landak menanyakan situasi dan kondisi Kabupaten Landak terkait pandemi Covid-19 saat ini dan menyikapi Fatwa MUI terkait pelaksanaan Shalat Idulfitri dimasa pandemi Covid-19. Terkait Surat Edaran Bupati Landak kita bersama Ormas Islam akan membantu mensosialisasikan Surat Edaran tersebut, ini merupakan kebijakan yang tepat untuk umat Islam dan masyarakat Kabupaten Landak,” tukas Muhlis.*/


Laporan : Deckie

Bagikan :