Raih Penghargaan Pengiriman Dapodik Terbaik di Kalbar, Ini Kata Karolin

Raih Penghargaan Pengiriman Dapodik Terbaik di Kalbar, Ini Kata Karolin

Channeltujuh.com, LANDAK -- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak berhasil mendapat penghargaan dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kalimantan Barat dengan predikat progress pengiriman Data Pokok Pendidikan (Dapodik) terbaik seluruh Kalimantan Barat. 


Piagam penghargaan diberikan langsung oleh Kepala LPMP Kalimantan Barat kepada Sisilius Iyus Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Sengah Temila yang hadir mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak, di Hotel Mercure Pontianak, Kalimantan Barat.


Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, merasa bersyukur atas penghargaan yang didapat oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak dengan predikat pengiriman Dapodik terbaik seluruh Kalimantan Barat. Karolin mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Landak saat ini terus berupaya untuk mengupdate dan memutakhirkan data-data pokok pendidikan disemua tingkat pendidikan.


“Sebagai pimpinan di daerah saya merasa bersyukur atas penghargaan yang didapat, ini merupakan upaya yang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Landak dalam memutakhirkan data pendidikan di daerah agar pemerintah pusat dapat mengetahui bagaimana keadaan sekolah didaerah sebenarnya,” kata Karolin, di temui di ruang kerjanya, di Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Jumat (6/12/19).


Karolin mengungkapkan pentingnya menyediakan data pendidikan yang valid untuk mengetahui keadaan suatu sekolah, maupun tenaga pendidik dan peserta didiknya sebagai patokan pemerintah dalam memberikan bantuan untuk sekolah.


“Sebagaimana diketahui saat ini aplikasi Dapodik telah digunakan sebagai basis data untuk program-program unggulan Kemendikbud seperti bantuan operasional sekolah, penyaluran tunjangan guru, program Indonesia pintar, ujian nasional, akreditasi sekolah dan program bantuan ke sekolah,” ujar Karolin.


Karolin berharap prestasi ini dapat terus dipertahankan, dirinya mengimbau seluruh kepala sekolah untuk selalu mengupdate keadaan sekolahnya pada aplikasi Dapodik dan melakukan sinkron sesuai waktu yang telah ditentukan.


“Apresiasi kami sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu dan berkontribusi dalam upaya pemutakhiran data pada Dapodik sehingga pencapaian kualitas data semakin meningkat. Diharapkan ini terus dipertahankan dan kepada para kepala sekolah agar terus mengupdate Dapodiknya dan melakukan sinkronisasi dengan tepat waktu,” harap Karolin.


Adapun hal yang menjadi penilaian dari kategori pengiriman Dapodik terbaik ini diantaranya berkaitan dengan laporan data pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), data siswa, data lembaga, dan kecepatan mengirim data.*/


Laporan : Deckie

Bagikan :