Ini Isu yang Disampaikan Jokowi di KTT ASEAN di Bangkok

Ini Isu yang Disampaikan Jokowi di KTT ASEAN di Bangkok

Channeltujuh.com, BANGKOK -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sesi Pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN yang digelar di Impact Exhibition and Convention Center, Bangkok, Thailand, Sabtu, 2 November 2019.

Saat menghadiri sesi pleno tersebut, Jokowi didampingi oleh di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan (Menko Polhukam) Mahfud Md, Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Jokowi menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Thailand atas kepemimpinannya sebagai Ketua ASEAN selama tahun 2019. Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pemimpin dan wakil negara ASEAN dalam pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, yang memberikan keterangan selepas pertemuan menjelaskan bahwa salah satu isu yang disampaikan para pemimpin negara ASEAN ialah mengenai perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Para pemimpin sepakat dan menyampaikan harapan yang sama untuk menyelesaikan perundingan terkait RCEP tersebut.

"Rata-rata para pemimpin menyampaikan harapan ASEAN bahwa kita bisa menyelesaikan perundingan mengenai RCEP. ASEAN secara satu memiliki harapan yang jelas agar RCEP ini dapat diselesaikan negosiasinya," terang Retno.

Selain itu, dikatakan Retno, Presiden juga menyampaikan sejumlah isu lainnya seperti upaya penanganan krisis kemanusiaan di Rakhine State, Myanmar, dan peningkatan kerja sama untuk mengimplementasikan Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik.*/

Laporan : Sumber Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Editor : Deckie

Bagikan :