Tepat di Hari Kesaktian Pancasila, 365 Prajurit Korem 091/ASN Naik Pangkat

Tepat di Hari Kesaktian Pancasila, 365 Prajurit Korem 091/ASN Naik Pangkat

Channeltujuh.com, SAMARINDA – Sebanyak 365 prajurit Komando Resor Militer (Korem) 091/Aji Surya Nanakesuma (ASN) mendapatkan kenaikan pangkat, bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

Sebelum upacara korps raport kenaikan pangkat, ratusan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lingkungan Korem 091/ASN lebih dulu mengikuti uapacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di lapangan upacara Korem 091/ASN, Kelurahan Bugis, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur.

Bertindak selaku inspektur upacara Komandan Resor Militer (Danrem) 091/ASN, Brigjen TNI Widi Prasetijono, sementara perwira upacara Mayor Inf Suntari, sedangkan komandan upacara Mayor Inf Purba.

\"Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang di gelar setiap 1 Oktober dilaksanakan untuk mengenang sejarah tragedi atas gugurnya putra-putra terbaik bangsa akibat dari tragedi Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) pada tahun 1965. Peristiwa ini merupakan bentuk penyelewengan PKI terhadap pemerintahan Republik Indonesia (RI) dalam mempertahankan ideologi Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia,\" jelas Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Widi Prasetijono, Selasa (1/10/19).

Usai upacara kesaktian Pancasila, langsung dilanjutkan dengan upacara Korps Raport 365 prajurit jajaran Korem 091/ASN yang naik pangkat pada periode 1 Oktober 2019, terdiri dari Perwira delapan orang, Bintara 180 orang, Tamtama 169 orang dan kenaikan pangkat penghargaan sejumlah delapan orang.

Lebih lanjut Widi juga menyampaikan bahwa kenaikan pangkat bagi seorang prajurit mengandung arti yang sangat penting dalam meniti karier selanjutnya. Dengan kenaikan pangkat ini, peluang karier kejenjang yang lebih tinggi akan semakin terbuka. 

\"Namun demikian, kenaikan pangkat bukan hak sepenuhnya seorang prajurit, karena terkait erat dengan sistem pembinaan personel, baik pada jabatan sebelumnya maupun jabatan yang dipercayakan saat ini,\" kata Widi. 

Dengan demikian, lanjut Widi, untuk memperoleh kenaikan pangkat tidak cukup hanya didasarkan pada tuntutan formal administratif semata, akan tetapi juga harus diwujudkan melalui prestasi kerja, dedikasi dan loyalitas pengabdian dalam mengemban amanah jabatan yang dipercayakan. 

\"Kenaikan pangkat dapat berarti beban tugas dan tanggung jawab semakin meningkat seiring dengan tingkat kepangkatan yang disandangnya. Oleh karena itu, harus disertai dengan peningkatan profesionalisme dengan membudayakan belajar berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan perkembangan jaman dan tuntutan tugas yang dihadapi,\" tegas Widi. 

Hal yang perlu saya tekankan, Widi mengatakan kepada prajurit Korem 091/ASN adalah kenaikan pangkat itu bukan hadiah tetapi merupakan kepercayaan dan amanah.

\"Sebagai suatu kepercayaan dan amanah maka kalian dituntut untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki agar dapat berbuat yang terbaik dalam melaksanakan tugas, karena kelak akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,\" pungkas Widi.*/

Laporan : Sumber Penrem 091/ASN
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :