Kabut Asap Kian Parah, Kodam XII/Tanjungpura Gelar Shalat Istisqa

Kabut Asap Kian Parah, Kodam XII/Tanjungpura Gelar Shalat Istisqa

Channeltujuh.com, KUBU RAYA -- Komando Daerah Militer (Kodam) XII/Tanjungpura, menggelar Shalat Istisqa dan do\'a bersama dalam rangka meminta diturunkan hujan yang dilaksanakan di lapangan keras Markas Kodam (Makodam) XII/Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barar. 

Sedangkan umat Kristiani melakukan do\'a bersama di aula Kodam XII/Tanjungpura, Kabupaten Kubu Raya dan untuk yang beragama Hindu di Pura Giripati Mulawarman, di Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Kepala Penerangan Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, menuturkan bahwa Shalat Istisqa adalah shalat untuk memohon diturunkannya hujan, dengan tujuan sebagai solusi mengatasi bahaya asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan (karhutla) agar cepat teratasi dan padam.

\"Sampai dengan saat ini upaya pemadaman Karhutla masih terus dilakukan di titik-titik api serta melakukan pendinginan agar api tidak kembali menyala. Untuk itu kepada seluruh lapisan masyarakat agar dapat bersinergi dalam menjaga dan menciptakan wilayah Kalimantan Barat yang bebas dari asap dengan tidak sembarang membakar hutan dan lahan, karena dampaknya sangatlah merugikan kita semua. Tidak hanya itu saja, sanksi berupa pidana akan diberikan bagi yang melakukan pembakaran hutan maupun lahan,\" kata Aulia, usai pelaksanaan Shalat Istisqa, Selasa (17/9/19).

Sementara itu, Ustadz Luqmanulhakim, dalam khutbahnya menyampaikan bahwa kabut asap yang diakibatkan dari karhutla terjadi tidak lain dan tidak bukan semata-mata karena perbuatan diri sendiri. 

\"Kepada seluruh jama\'ah dalam Shalat Istisqa dan do\'a bersama ini agar hendaknya semakin dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Karena segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan dari kehendak Allah, dan agar senantiasa bangsa Indonesia yang kita cintai ini dijauhkan dari berbagai bala musibah maupun bencana kebakaran hutan dan lahan agar segera teratasi,\" ucapnya.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :