Rayakan HUT Pramuka 58, Satgas Pamtas Gelar Perkemahan Saka Wira Kartika

Rayakan HUT Pramuka 58, Satgas Pamtas Gelar Perkemahan Saka Wira Kartika

Channeltujuh.com, KAPUAS HULU -- Bangun karakter generasi muda di perbatasan, Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301/Prabu Kian Santang (PKS) menggelar perkemahan Saka Wira Kartika yang di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ketungau Hulu, Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Praja Muda Karana (Pramuka) ke-58 tahun 2019. 

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif R 301/PKS, Mayor Inf Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau, Kapaus Hulu, mengatakan kegiatan diawali dengan senam pagi dan dilanjutkan pembuatan tenda serta api unggun dan bakti sosial. 

"Pramuka Saka Wira Kartika ini merupakan wadah untuk membentuk kepribadian, watak, karakter, kedisiplinan, pemberani sesuai dengan dasar negara, sehingga generasi penerus bangsa ini sesuai yang diharapkan para pendahulu kita. Maka dari itu mulai dari sekarang persiapkan diri masing-masing untuk meneruskan cita-cita luhur bangsa dan negara. Jadikan, belajar dan berlatih sebagai kebutuhan demi masa depan," ujar Hasbullah, Kamis (15/8/19).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Ketungau Hulu, Yosep, menyampaikan bahwa Pramuka adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi siswa-siswi sekolah dengan tujuan untuk membangun semangat dan jiwa yang nasionalisme serta bela negara.

"Terima kasih dan apresiasi kepada Satgas Pamtas Yonif R 301/PKS Pos Kout dalam melatih dan membina di bidang kepramukaan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan oleh prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) khususnya di perbatasan, agar anak-anak semakin semangat bersekolah untuk menimba Ilmu sekaligus mengajarkan mereka untuk melatih kekompakan," ucap Yosep.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :