Pangdam XII/Tanjungpura Buka Kunci Pintu Rumah Adat Dayak Ramin Bantang

Pangdam XII/Tanjungpura Buka Kunci Pintu Rumah Adat Dayak Ramin Bantang

Channeltujuh.com, BENGKAYANG -- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, mendapat kehormatan dari Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) untuk membuka kunci pintu rumah adat Dayak Ramin Bantang saat mendampingi Gubernur Kalbar meresmikan Ramin Bantang Bengkayang yang dilaksanakan sekaligus pada acara pembukaan Festival Budaya Dayak ke-1 di rumah adat Dayak Ramin Bantang, Kelurahan Sebalo, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Pembukaan kunci pintu rumah Ramin Bantang oleh Pangdam XII/Tanjungpura merupakan rangkaian acara yang menandai diresmikannya Ramin Bantang Kabupaten Bengkayang. Yang sebelumnya diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, yang juga ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan bambu.

Festival Budaya Dayak pertama kali di Kalbar ini dipusatkan di Ramin Bantang Kabupaten Bengkayang yang akan di gelar mulai tanggal 7 Juli hingga 11 Juli 2019. Dalam festival budaya ini diikuti oleh kontingen dari 11 kabupaten/kota seluruh Kalbar, dua kontingen dari Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur serta dua kontingen masyarakat Dayak dari Sabah dan Sarawak Malaysia. 

Sebelum acara pembukaan telah digelar Karnaval Budaya. Selanjutnya event ini juga akan diisi dengan berbagai acara diantaranya, pertunjukan dan lomba, seminar tangkint, tarian Dayak kreasi, expo budaya dan kuliner, serta parade Sape' dan eksebisi Adat Dayak.

Festival Budaya Dayak Kalbar ke-1 ini digelar dalam rangka untuk melestarikan sekaligus memperkenalkan budaya dan adat istiadat serta tradisi dayak hingga ke mancanegara. Sehingga Suku Dayak dikenal oleh dunia luar. Selain itu juga untuk menarik kunjungan wisatawan ke wilayah Kalbar.

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalbar, Komandan Resor Militer (Danrem) 121/Alambahan, Asisten II Setda Provinsi Kalbar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, Kapoksahli Pangdam XII/Tanjungpura, Asintel Kasdam Xll/Tanjungpura, Kajasdam XII/Tanjungpura, Bupati Bengkayang, Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalbar, Ketua DAD Kabupaten Bengkayang serta para tokoh adat dari lintas etnis yang ada di Kabupaten Bengkayang.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :