Seludupkan Sabu di Jalur Tikus, Buruh Pikul Diamankan Satgas Pamtas

Seludupkan Sabu di Jalur Tikus, Buruh Pikul Diamankan Satgas Pamtas

Channeltujuh.com, SANGGAU – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri Mekanis (Yonmek) 643/Wanara Sakti mengamankan sebanyak delapan gram sabu yang diselipkan di bungkusan rokok dan makanan ringan asal Malaysia oleh salah satu buruh pikul di perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Hal ini dikatakan Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto di Pos Kotis Entikong.


Baca ini : Temukan Granat Sisa Konfrontasi, Warga Lapor ke Satgas Pamtas

 

Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, mengungkapkan pada saat personel Satgas melaksanakan patroli rutin di jalur tikus di sekitar Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, anggota patroli melihat orang yang memikul karung. Kemudian saat dilakukan pemeriksaan isi karungnya, ada senjata tajam, rokok, makanan ringan dan susu. Serta ditemukan sabu yang dikemas dalam plastik dan diselipkan di bungkusan rokok dan makanan.

 

"Diketahui saat pemeriksaan, sabu tersebut dibawa oleh HD alias Acong, warga Entikong melalui jalur tikus di sebelah kiri PLBN Entikong," jelas Dwi, Senin (24/6/19).

 

Lanjut Dwi, mengatakan dari pemeriksaan awal terhadap Acong, buruh pikul di PLBN Entikong ini menyangkal sabu tersebut miliknya. Acong berdalih, dia hanya diminta membawa karung tersebut dari pangkalan mobil di Tebedu, Malaysia ke pasar baru Entikong oleh seseorang yang dikenalnya berinisial A.


Baca ini : Gara-Gara Bawa Sabu, TNI Tangkap Warga Malaysia


Baca ini : Ungkap 11 Kasus Narkoba, Polres Bengkayang Perketat Wilayah Perbatasan

 

"HD alias Acong mengaku, pagi tadi bertemu A di zona netral antara PLBN Entikong dengan Tebedu, Malaysia. A meminta Acong mengambil barang di pangkalan mobil di Tebedu. Acong  tidak tahu bahwa di dalam karung yang dipikulnya terdapat delapan gram sabu. Untuk jasanya membawa satu karung tersebut yang bersangkutan dijanjikan upah Rp 100 ribu," kata Dwi.

 

Di pasar itu, karung berisi sabu tersebut rencananya akan dijemput oleh seseorang yang diutus A. Namun, sebelum sampai ke pasar baru Acong sudah lebih dulu dicokok oleh Satgas Yonmek 643/Wanara Sakti saat memikul karung berisi sabu di hutan sebelah kiri PLBN Entikong. Menurut Dwi, atas temuan sabu tersebut, Satgas Yonmek 643/Wanara sakti akan terus mengintensifkan pemeriksaan di jalur tikus sebelah kiri dan kanan PLBN Entikong. 

 

"Untuk saat ini Acong dan barang bukti delapan gram sabu telah diserahkan ke Polsek Entikong untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya.*/


 

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura

Editor : Devi Lahendra


Bagikan :