Lewat Dana Hibah, Kodam Tanjungpura Wujudkan 63 Desa Mandiri

Lewat Dana Hibah, Kodam Tanjungpura Wujudkan 63 Desa Mandiri

Channeltujuh.com, KUBU RAYA – Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab didampingi Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) XII/Tanjungpura, Brigadir Jenderal TNI Alfred Denny D. Tuejeh memimpin rapat Penyiapan Desa Mandiri di Provinsi Kalimantan Barat, yang diikuti oleh para Asisten dan Kabalak Kodam XII/Tanjungpura serta para Komandan Distrik Militer (Dandim) jajaran Komando Resor Militer (Korem) 121/Alambhana Wanawai di ruang Yudha Kodam XII/Tanjungpura, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Baca ini : Press Gathering, Wartawan Naik Anoa Bersama Pendam dan Penrem ASN

Kepala Penerangan daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura, Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe, usai mengikuti rapat Penyiapan Desa Mandiri mengatakan bahwa Kodam XII/Tanjungpura akan segera mewujudkan sebanyak 63 Desa Mandiri di Provinsi Kalimantan Barat.

“Yang dimaksud Desa Mandiri adalah desa yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak semata-mata tergantung dengan bantuan dari pemerintah. Kalaupun ada bantuan dari pemerintah daerah sifatnya hanya sebagai Simultan saja," terang Aulia, Senin (6/5/19).

Lanjut Aulia mengatakan, Program Desa Mandiri merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk meningkatkan status desa yang terdapat di wilayah Kalimantan Barat. Untuk mewujudkan desa mandiri tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Kodam XII/Tanjungpura.

Baca ini : Gunakan Sampan Babinsa Sandai Bantu Korban Banjir


Baca ini : Babinsa Pujon Rambah Datangi SMK Jangkang, Karena ini?

“Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Kodam XII/Tanjungpura telah menargetkan sebanyak 63 Desa Mandiri terbentuk di Kalimantan Barat  yang menjadi skala prioritas, dengan perinciannya yaitu Kodim 1201/Mempawah sebanyak lima Desa Mandiri yang terbagi empat di Kabupaten Mempawah, satu di Kabupaten Landak, Kodim 1202/Sambas sebanyak lima desa Mandiri yang terbagi tiga di Kabupaten Sambas, dua di Kabupaten Bengkayang, Kodim 1203/Ketapang sebanyak lima desa yang terbagi tiga desa di Kabupaten Kayong Utara, dua Kabupaten Ketapang, Kodim 1204 terdapat lima Desa Mandiri, Kodim 1205 terdapat empat  Desa Mandiri, Kodim 1206 terdapat lima Desa Mandiri dan Kodim 1207/Berdiri Sendiri terdapat empat Desa Mandiri di wilayah Kabupaten Kubu Raya. Adapun untuk pelaksanaan pembangunan Desa Mandiri bersumber dari dana hibah oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada Kodam XII/Tanjungpura," jelas Aulia.*/


Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura

Editor : Devi Lahendra


Bagikan :