Ada 20 Perlombaan Tradisional di Naik Dango Landak

Ada 20 Perlombaan Tradisional di Naik Dango Landak

Channeltujuh.com, NGABANG -- Pemerintah Kabupaten Landak siap menyelenggarakan acara Naik Dango yang ke 34 yang berlangsung selama tiga hari.  Sesuai jadwal kegiatan akan dibuka pada tanggal 26-28 April 2019 di Radakng Aya Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Baca ini : Jaga Budaya dan Adat, Kabupaten Landak Jadi Sorotan Kaum Millenial

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa, mengatakan Naik Dango merupakan kegiatan rutinitas setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh masyarakat Dayak sebagai ucapan syukur atas panen padi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk wujud syukur atas hasil panen yang di peroleh kepada sang pencipta," ujar Karolin, pada channeltujuh.com, Kamis (25/4/19).

Baca ini : Jelang Naik Dango, SAS Gelar Pendidikan Adat


Baca ini : Rasakan Sensasi Baru Berwisata di Kawasan Habitat Asli Arwana, Disini Tempatnya

Dikatakan Karolin, Naik Dango Dayak Kanayatn tahun ini diikuti kontingen dari 27 Dewan Adat Dayak (DAD) kecamatan dari tiga kabupaten di Kalimantan Barat yakni Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Landak.

“Dalam kegiatan Naik Dango kali ini akan diadakan 20 jenis perlombaan, diantaranya numbak, nyumpit, pangka gasikng, nugal manih, nutuk basingkaluk, nampik seak, naap jalu dan perlombaan tradisional lainnya,” terang Karolin mengakhiri.*/


Laporan : Deckie


Bagikan :