Perjuangan Babinsa Antar Logistik Pemilu, Lewat Jalur Sungai

Perjuangan Babinsa Antar Logistik Pemilu, Lewat Jalur Sungai

Channeltujuh.com, KAPUAS -- Demi kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya tepat waktu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) 1011-16/Bukit Rawi, Serma Rahmat Maulana menggunakan sarana perahu saat membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau dalam pendistribusian logistik ke Desa Tanjung Sangkalang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.


Demikian disampaikan Komandan Distrik Militer (Dandim) 1011/Kuala Kapuas, Letnan Kolonel Infanteri Bambang Kristianto Bawono, melalui rilis tertulisnya di Kapuas. 

"Wilayah binaan Kodim 1011/Kuala Kapuas sangat luas, salah satunya adalah Kabupaten Pulang Pisau yang sebagian besar wilayahnya adalah sungai. Akibatnya tak semua logistik Pemilu bisa dikirim melalui jalur darat, sehingga harus dilakukan pengiriman lewat jalur sungai," kata Bambang, Rabu (17/4/19).

Dalam pengiriman logistik ini, lanjut Bambang mengatakan, Serma Rahmat juga didampingi dari pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri), KPU, dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

"Untuk pengiriman jalur sungai, tinggal tergantung pada kondisi air sungai. Saat pengiriman logistik kemarin, kondisi air lagi dangkal, belum lagi arus sungai yang cukup deras. Ini tentunya sangat menyulitkan kelotok (kapal motor) yang di gunakan untuk membawa logistik Pemilu," ujar Bambang.

Logistik ini dikirim untuk sejumlah desa di sepanjang jalur sungai Kahayan, lanjut Bambang, seperti Desa Tanjung Sangkalang, Desa Sigi, Desa Penda Barania, Desa Bukit Rawi, Desa Bukit Liti, Desa Tuwung. Pengiriman logistik lewat jalur sungai ditempuh dengan waktu tiga sampai empat jam.

"Alhamdulilah, dari laporan Serma Rahmat semua logistik yang dikirim sudah sampai di Panitia Pemungutan Suara (PPS) masing-masing. Tim kita juga ada yang bertugas pengamanan di sejumlah desa di sana," pungkas Bambang.*/

Laporan : Sumber Pendam XII/Tanjungpura
Editor : Devi Lahendra

Bagikan :