Meski Minim Fasilitas, Bupati Sintang Resmikan Pustu Gandis Hulu

Meski Minim Fasilitas, Bupati Sintang Resmikan Pustu Gandis Hulu

Channeltujuh.com, SINTANG -- Bupati Sintang, Jarot Winarno, meresmikan unit Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) di Desa Gandis Hulu, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Baca ini : Sintang Memanas, TNI Jaga Ketat Kantor KPU Sintang

“Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan, regular, maupun afirmasi bertahun-tahun ini tidak boleh untuk membangun Puskesmas Desa (Pusdes), Pusat Kesehatan Desa (puskesdes), Puskesmas Pembantu (Pustu), sehingga pembangunan Pustu baru bertumpu pada Dana Alokasi Umum,” ungkap Jarot, Minggu (24/03/19).

Jarot membenarkan bahwa pembangunan Pustu Gandis Hulu belum selesai. Ada tiga hal yang menjadi catatan Jarot saat peresmian, yaitu belum adanya instalasi listrik, air bersih dan furniture pendukung layanan.

“Nanti kita sama-sama anggota dewan kita usahakan untuk lengkapi supaya lancar operasionalnya,” kata Jarot.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Syahroni menyampaikan bahwa selaku wakil rakyat menyampaikan bahwa pengaadaan Pustu ini berawal dari aspirasi masyarakat Desa Gandis Hulu.

“Ya pengadaan Pustu memang kebutuhan mendasar di masyarakat. Kondisi di Desa Gandis Hulu ini belum ada fasilitas kesehatan yang dekat dengan mereka,” ungkap Syahroni.

Baca ini : Bupati Sintang Hadiri Deklarasi Damai Pemilu 2019, Ini Jumlah TPS di Sintang


Baca ini : Habiskan Biaya Rp 1,2 Miliar, Bupati Sintang Resmikan PLTMH Semandak

Sementara itu Kepala Desa Gandis Hulu, Hizra Firmasyah atas nama masyarakatnya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten atas bantuan fasilitas kesehatan tersebut. Ia berharap akan ada perbaikan kesehatan bagi 700 lebih masyarakat yang dipimpinnya itu.

“kami berharap kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dan Kepala Puskesmas agar petugas yang ditempatkan di Pustu, dapat melayani dan berkomitmen dengan masyarakat di Gandis Hulu ini,” pungkas Hizra.*/


Laporan : Sumber Humas Pemkab Sintang

Editor : Deckie


Bagikan :