Hebat, Ini Strategi Indonesia – Australia Hancurkan Teroris

Hebat, Ini Strategi Indonesia – Australia Hancurkan Teroris

Channeltujuh.com, NUSA TENGGARA BARAT – Indonesia dengan Australia memiliki hubungan yang cukup erat terkait kerja sama melawan tindak kejahatan terorisme dan radikalisme.

 

Hingga kini, kedua negara sudah melakukan lima kali pertemuan dan banyak perkembangan kerja sama yang dilakukan untuk mendapatkan metode baru dalam melawan aksi terorisme.


Baca ini : Tak Ingin Tersangkut Hukum, Ini Pesan Karolin Untuk Kades

 

“Australia dengan Indonesia sudah punya satu pemahaman yang sama bahwa untuk melawan terorisme, radikalisme, tidak mungkin hanya dilawan oleh satu negara. Tapi harus ada kerjasama yang erat, kerjasama yang sungguh-sungguh antara negara-negara untuk melawan terorisme dan ekstrimisme, dimana kita mencoba untuk memotong jalur-jalur logistik dari terorisme itu,” ujar Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto usai melaksanakan pertemuan Indonesia - Australia Ministerial Council on Law and Security di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/18).

 

Menurut Wiranto,  Australia dan Indonesia selalu mencoba untuk mengajak negara lain bersama-sama dalam mengatasi masalah terorisme dan rasikalisme ini.

 

“Dalam pertemuan yang kelima ini, sudah banyak sekali perkembangan-perkembangan tentang kerjasama antara Indonesia dengan Australia untuk terus mengembangkan cara-cara dan metode-metode yang terbaru untuk melawan aksi-aksi terorisme dan radikalisme yang nyata-nyata telah mengembangkan taktik mereka, strategi mereka dan instrumen mereka, “ kata Wiranto.

 

Dalam kesempatan itu,  Wiranto menyampaikan ada beberapa isu yang dibahas secara mendalam pada pertemuan hari ini, antara lain tentang countering violent extremism dan program-program deradikalisasi. Selain itu,  dibahas pula perkembangan dinamika politik  dalam konteks keamanan regional.

 

"Kita juga membahas kerjasama keamanan dunia maya. Saat ini perlu satu eksalarasi kemampuan, baik organisasinya,  perlengkapannya dan tentu sangat penting untuk kita bicarakan, kita kerjasamakan dengan pihak Australia," ujar Wiranto.

 

Sementara itu,  Menteri Urusan Dalam Negeri Australia, Peter Dutton menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada pemerintah Indonesia karena dapat berbagai ilmu dan pengalaman terkait masalah terorisme dan radikalisme. Hal ini dibuktikan dengan adanya komunikasi yang baik antara kedua negara.


Baca ini : Ini Intruksi Presiden, Hadapi Terorisme


Baca ini : Jokowi Siapkan 60 Triliun Untuk Desa

 

"Terima kasih untuk keramahan dan pertemanan yang selama ini telah dibangun.  Kita akan melihat hubungan terkait penanganan terorisme dan upaya untuk menghentikan masuknya narkoba melalui perbatasan kita. Dan juga yang penting, upaya mengatasi para teroris dan grup kriminal  yang terorganisasi menggunakan encripted devices dan metode komunikasi untuk merencanakan serangan mereka," ujar Peter Dutton.*/


 

Laporan : Omar Syam

Editor : Deckie




Bagikan :